Home » , » Cara Mengatasi Kenari Macet Berbunyi

Cara Mengatasi Kenari Macet Berbunyi

Cara Mengatasi Kenari Macet Berbunyi - Beberapa hari yang lalu, saya dapat burung kenari dari saudara hasil barteran dengan anakan kenari saya. Asal cerita, burung ini sebenarnya didapatkan dari seseorang. Dari cerita pemiliknya, burung ini adalah pejantan tipe petarung. Namun karena salah dalam penjodohan, akhirnya macet tidak mau berbunyi. Akhirnya dijual dengan harga murah. Setelah dibawa kerumah, kenari putih ini akhirnya mbodol (ganti bulu). Yah, akhirnya harus menunggu sekitar 1 bulanan untuk menuntaskannya. Dengan sistem kerodong tiap hari maka kenari ini semakin cepat selesai.
Cara Mengatasi Kenari Macet Berbunyi
Penjodohan kenari yang salah merupakan salah satu faktor kenari macet berbunyi. Dengan sistem ditempatkan dalam satu kurungan dengan betina dalam jangka waktu yang lama, menjadikan kenari pejantan kehilangan performanya. Apalagi jika kedua kenari tidak jodoh. Inilah salah satu penyebab kegagalan bagi para peternak pemula yang tidak mengerti cara penjodohan yang benar.

Hal yang saya lakukan terhadap kenari saya yang macet berbunyi ini adalah dengan melakukan perawatan yang baik. Jam 07.00 – 08.00 pagi saya jemur. Sekaligus membersihkan kotoran sangkarnya. Memberikan sayur sawi atau gambas dan telur puyuh sebagai penambah protein. Sesekali saya berikan biji fumayin untuk penambah staminanya biar tidak ngedrop. Waku sore hari saya berikan 2 tetes metabolism setiap 2 hari sekali. Selanjutnya saya kerodong pada malam hari.

Dengan rutin saya lakukan perawatan seperti diatas, akhirnya sudah hampir seminggu ini, kenari pejantan saya akhirnya bisa kembali berkicau walau suaranya belum terlalu nyaring. Ini pertanda bahwa stamina sudah mulai membaik. Didengarkan dari suaranya yang ngerol panjang, menjadikan bukti bahwa kenari saya memang dulunya kenari tipe petarung. Sesekali saya dekatkan dengan kenari yang lain, ia mampu bersaing dan berkicau juga.

Kini saya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya kenari saya bisa berkicau nyaring seperti kenari yang lainnya. Dan saya yakin, waktunya tidak akan terlalu lama, sehingga bisa saya jodohkan dengan kenari betina yang saya punya. Mengingat kenari yang saya hasilkan dirumah berwarna kuning semua, maka dengan harapan ini, maka nantinya saya akan bisa mencetak kenari putih yang harganya tergolong cukup mahal.

Bagaimana dengan pengalaman anda beternak? Apakah pernah mengalami hal seperti ini juga?  Jika anad mengalami kesulitan dalam menjodohkan kenari, anda bisa membaca artikel Cara Penjodohan Kenari. Semoga masalah tersebut bisa terselesaikan. Salam Breeding,,, :)

13 comments:

  1. Iklan Ga NYa kok gak muncul mas bro.........

    ReplyDelete
  2. @Adsense Tips: ia ms bro,,, udah ke banned,, hehe,, ntar2 di buat lagi,,

    ReplyDelete
  3. repot kalau punya burung tapi nggak permah mau berkicau, hmmm .. jadi begitu ya penyelesaiannya
    teirma kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  4. saya br dapat kenari ,tetapi kenari tsb gak mau bunyi alias macet.padahal brg tsb seakan mau bunyi,dg ditandai pita suaranya bergetar(keliatan dari lehernya yg bergetar).pertanyaannya: bagaima cara merawatnya agar suara bisa muncul kembali. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. kalo kasus seperti itu,coba berikan metabolis pada kenari. usahakan dikasih 2-3 tetes langsung ke mulutnya tiap hari.

    ReplyDelete
  6. Gan saya punya brung kenari lokal warna orange selesai mabung kenari sya macet total, gmna cara balikin biar gacor lgi.

    Tnk's gan

    ReplyDelete
  7. perawatan burung selesai mabung sangatlah penting, cobalah untuk memandikan setiap hari, jemur, berikan ef yg baik, dan kerodong tiap malam. bisa jg diberikan vitamin bila perlu.

    ReplyDelete
  8. Om burung ane macet bunyi gara" kapur ajaib gimana solusinya? Makasih....

    ReplyDelete
  9. kalo macet karena kapur ajaib, sementara jgn pakai itu lagi, ganti dengan yg lainnya yang tidak mengandung bahan kimia.

    ReplyDelete
  10. Makasih mas info nya membantu sekali

    ReplyDelete
  11. Saya punya kenari jantan usia mudah masih ngriwik, beberapa waktu lalu sangkarnya jatuh dan sekarang tidak ngriwik sama sekali, ada solusi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sangkar kenari anda jatuh, pastikan bahwa kenari anda baik2 saja. dalam arti tidak ada cedera yg serius. masalah yg biasa terjadi adalah masalah psikologis. pastikan anda selalu beri perawatan ekstra turtama ekstra fooding dan jgn lpa untuk selalu dikerodong waktu mlm hari. memang wktu agak lama untuk bsa berkicau lgi.

      Delete