Home » , » Cara Penjodohan Kenari Dengan Pasangan Tidak Tetap

Cara Penjodohan Kenari Dengan Pasangan Tidak Tetap

Kali ini saya akan menulis tentang cara penjodohan kenari dengan pasangan tidak tetap. Ini adalah kelanjutan dari tulisan saya yang dahulu (penjodohan dengan pasangan tetap). Penjodohan dengan pasangan tidak tetap umumnya dilakukan para penangkar yang hanya memiliki induk jantan terbatas, sedangkan jumlah induk betina cukup banyak. 
Penjodohan kenari dengan pasangan tidak tetap

Karena indukan betina yang sudah siap dirumah sudah mulai bertambah banyak (hasil dari menjual anakan kenari saya), maka cara ini saya gunakan untuk mempercepat proses produksi. Sehingga hasilnya bisa maksimal. 

Proses penjodohanya ini saya lakukan berdasarkan situasi, misalnya ketika ada induk betina yang sudah dijodohkan karena anak-anaknya sudah dapat makan sendiri, jika induk betina tersebut sudah tampak siap kawin lagi, maka saya segera jodohkan dengan induk jantan lain supaya tidak terlambat untuk bertelur lagi. 

Manfaat dari cara ini adalah produksi telur dan anakan kenari dapat berlangsung terus menerus sampai batas waktu tertentu. Mengingat permintaan akan anakan kenari yang banyak ditempat saya, maka cara ini saya anggap sebagai solusi yang baik. Namun harus perlu diperhatikan bahwa induk jantan yang digunakan secara-terus menerus dan kurang beristirahat dapat menyebabkan vitalitasnya cepat menurun. 

Burung kenari jantan yang terlalu diforsir untuk mengawini induk kenari akan menghasilkan anakan kenari yang kualitasnya kurang bagus. Oleh karena itu, agar kualitas pejantan selalu dalam kondisi prima, maka kualitas pakan dan kebutuhan menu pakan harus sungguh-sungguh diperhatikan. Makanan yang diberikan harus lebih baik daripada biasanya agar kebutuhan energi dan nilai kalori yang masuk kedalam tubuh kenari seimbang dengan tenaga yang dikeluarkan. Jika tenaga yang dikeluarkan lebih besar daripada kebutuhan energi, maka lama kelamaan kondisi burung tersebut akan semakin menurun dan akhirnya dapat menyebabkan kematian. 

Penjodohan kenari dengan pasangan tidak tetap memang biasanya berorientasi pada jumlah produksi, bukan berdasarkan kualitas dan latar belakangnya. Namun akan lebih baik lagi jika anda tahu latar belakang dari penjodohan kenari yang anda lakukan tersebut. Sehingga memudahkan bagi anda dan pembeli untuk mengetahui silsilahnya.

0 comments:

Post a Comment