Home » » Cara Menentukan Target Pengunjung Blog

Cara Menentukan Target Pengunjung Blog


Bagi anda pemilik blog, pastilah ingin mendapatkan pengunjung banyak yang tertarget. Untuk menentukan target pengunjung berdasarkan negara, bisa dibilang gampang-gampang susah. Kenapa demikian? Karena Google telah memetakan hasil pencarian berdasarkan negara masing-masing. Bagi anda pemilik blog bahasa Indonesia, maka otomatis target pengunjung utama anda adalah Indonesia.

Untuk bisa bersaing dan tampil dalam halaman pertama pencarian, maka anda harus menggunakan teknik SEO yang baik. Coab anda ketikan pada halaman google.com sebuah kata “Video”, maka hasilnya pasti akan berbeda jika anda menelusurinya dengan google.co.id.

Setiap negara pasti memiliki versi lokal mesin pencari google. Misalnya Kanada-https://www.google.ca,Malaysia-https://www.google.com.my, Jerman-https://www.google.de. Sedangkan Indonesia-https://www.google.co.id. Pada dasarnya google.com adalah mesin pencari global seluruh dunia internasional. Dan tidak terbatas oleh bahasa dari negara tertentu. Sedangkan google.co.id adalah pencarian yang mencakup negara Indonesia dengan kata kunci menggunakan bahasa Indonesia.

Jika anda memiliki blog dengan konten bisnis, maka yang perlu anda perhatikan adalah bahwa anda ingin menargetkan produk tersebut ke manca negara. Anda ingin menjualnya tidak hanya wilayah Indonesia saja, tetapi luas keseluruh negara internasional. Oleh karena itu penting adanya untuk mensetting blog anda agar pengunjung blog anda nantinya sesuai dengan target yang anda inginkan dimesin pencariaan utama google.

Tahukah anda bahwa sebuah blog bisa diindeks negara-negara bukan target. Namun persaingan menjadi ketat dan susah. Jika blog anda targetkan secara global, maka itu akan berdampak positif. Namun harus diikuti dengan teknik SEO yang bagus juga tentunya. Karena blog anda pastilah akan mendapatkan banyak pesaing di dunia maya.

Oleh karena itu, anda bisa menggunakan trik untuk menentukan target pengunjung blog suatu negara. Ada 2 cara, pertama yaitu melalui google webmaster. Disana anda dapat menyetting dengan mengkilk menu Setelan Situs, kemudian akan muncul pilihan target geografis. Disitulah anda bisa menentukan negara-negara target pengunjung yang anda inginkan. Selanjutnya anda simpan setelan tersebut.

Cara Menargetkan Pengunjung Blog

Cara kedua, anda bisa menggunakan script meta didalam blog anda. Khusus untuk blogger, anda bisa menggunakan script seperti contoh dibawah ini, yaitu ada 5 negar target, Amerika, Kanada, Inggris, Italia, Perancis. Cara menggunakannya, anda tinggal copy dan paste script tersebut kemudian tempatkan didalam template anda. Berjejer dengan kode script meta yang lainnya. 

<meta name="geo.region" content="US" /><meta name="geo.position" content="37.09024;-95.712891" />
<meta name="geo.region" content="CA" /><meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />
<meta name="geo.region" content="GB" /><meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />
<meta name="geo.region" content="IT" /><meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />
<meta name="geo.region" content="FR" /><meta name="geo.position" content="56.130366;-106.346771" />

Jika sudah, maka anda tinggal menunggu untuk mengeceknya. Target pengunjung blog anda akan sesuai dengan yang anda inginkan. Inipun tentunya akan menambah hasil positif bagi anda. 

6 comments:

  1. sangat bermanfaat artikelnya... terima kasih mas....

    ReplyDelete
  2. angka2 yang tertulis dalam tiap akhir kode itu maksudnya kode apa ya gan? kalau misal kita mau nargetin pengunjung dr malaysia kode contennya kan MY tp utk kode2 angkanya berapa gan?

    ReplyDelete
  3. ini lebih bagus yg cara pertama apa ke 2 gan?

    ReplyDelete
  4. bisa kasih info kode-kode buat lebih banyak negara?

    ReplyDelete
  5. thanks gan infonya , butuh info kode negara dan position lebih banyak

    ReplyDelete
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

kembali ke atas