Home » , » Cara Memaksimalkan Suara Kenari

Cara Memaksimalkan Suara Kenari


Bagi penghobi burung kenari, pastilah merindukan suara kicauan burung yang merdu. Kicauan lagu kenari yang panjang dan keras menandakan bahwa kenari tersebut berkualitas. Apalagi diimbangi dengan postur yang besar. Pastilah kenari jenis ini akan banyak mendapatkan juara dalam perlombaan kicau burung.


Suara kenari yang tembus atau tebal (bahasa jawa :kandel) memang digemari. Volume kenari memang salah satu sifat bawaan. Tapi perlu diingat bahwa volume suara antara yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada yang lebih kencang, ada juga yang lebih panjang dari yang lainnya. Ini adalh faktor genetik dari tiap-tiap kenari.

Memang untuk bisa merubah suara burung kenari tidaklah mudah. Dikarenakan setiap kenari memiliki kapasitas suaranya sendiri-sendiri. Hal ini sangat berkaitan dengan pita suara dan tulang rawan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan suara kenari tersebut.

Perlu diketahui, bahwa suara burung kenari bergantung pada otot dada, paru-paru serta kantung udara. Inilah yang mempengaruhi kekuatan vokal dan panjang lagu setiap kenari. Ciri-ciri burung yang sehat dan kuat adalah suara burung terdengar lantang dan keras.


Untuk bisa memaksimalkan volume suara kenari, maka diperlukan jenis pakan yang serasi dan seimbang. Pakan yang mengandung nutrisi dibutuhkan kenari dalam perawatan harian. Ini bisa didapatkan dari pakan utama ataupun dari pakan tambahan. Hal ini untuk memastikan kenari selalu dalam kondisi fit dan sehat. Sehingga kenari tidak kekurangan bahan vitamin dan mineral dalam perkembangannya sehinga bisa mengeluarkan suara maksimal sesuai dengan kapasitasnya.

Sebagai tips untuk extra fooding, saya memberikan pucuk daun muda tumbuhan pace (mengkudu) pada kenari. Disamping dapat menyembuhkan berbagai penyakit kenari, pucuk daun pace ini juga berkhasiat mendongkrak volume suara kenari. Cara penyajian daun mengkudu mudah saja, cukup digantungkan didalam sangkar sebagai ganti sayuran dan buah-buahan. Dari pengalaman saya, pemberian daun mengkudu sangat bermanfaat untuk membuat suara kenari menjadi lebih bening/kristal, dan nyaring. Ini disebabkan khasiat daun mengkudu memiliki efek membersihkan suara serak pada kenari.

Disamping dari pakan utama dan extra fooding, diperlukan juga latihan fisik untuk mendukung kekuatan otot dada dan sayap yang dapat menekan kantung udara sehingga kenari bisa melagukan kicauannya. Untuk melatihnya diperlukan kandang umbaran yang agak besar. Tenggeran diletakkan agak berjauhan sehingga membuat gerak kenari lebih aktif. Jauhkan juga tempat makan dan minum sedemikian rupa sehinga kenari aktif dalam sangkar umbaran.

Bagaimana dengan kasus kenari yang tiba-tiba mengalami penurunan volume suaranya? Kenari yang semula bersuara keras namun tiba-tiba suaranya kecil dan lama-lama macet bisa disebabkan karena beberapa hal. Namun yang sering terjadi adalah dikarenakan kortoran (dahak) serta infeksi yang berada di dalam tenggorokan. Untuk membersihkan kotoran (dahak) tersebut, bisa diobati dengan daun pucuk mengkudu dan dengan menjemur kenari setiap hari. Perlu diingat, penjemuran ini dilakukan jangan lama-lama, antara satu atau 2 jam cukup. Jangan sampai lewat dari jam 10 karena matahari sudah mulai menyengat. Dengan terapi ini, kenari akan berkurang kotoran / dahaknya secara bertahap. Jika sudah mulai keluar dahaknya, maka kenari bisa diberikan larutan penyegar didalam wadah minumannya. Selanjutnya dirawat seperti haraiannya.

1 comments:

  1. Hai Sobat kalau lagi nyari pasangan hidup coba mampir disini blog cari jodoh gratis https://kontakjodohgratis.blogspot.co.id Terimakasih ^_^ Admin

    ReplyDelete