Home » , » Sebab Kenari Tidak Mau Meloloh

Sebab Kenari Tidak Mau Meloloh


Sebab Kenari Tidak Mau Meloloh
Malam ini, saya menuliskan tentang sebab indukan kenari yang tidak mau meloloh. Beberapa hari yang lalu, kenari saya telah menetas. Tiap hari menetas satu dan akhirnya sampai ada 4 ekor. Hati sungguh senang karena ini hasilnya bisa maksimal. Namun apa yang saya harapkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Dalam beberapa hari setelah menetas, seperti biasanya, saya taruh pakan ekstra berupa telur puyuh dan sayuran biar induk betina bisa meloloh semua anaknya.

Dari beberapa hari berjalan, saya cek anaknya semakin kurus. Padahal hari sebelumnya anak kenari saya lihat masih sehat dan gemuk. Saya perhatikan mungkin karena anakan tidak diloloh sama induknya. Padahal tiap malam saya juga berikan sayur dan telur agar indukan dan anakan tidak kekurangan makanan. Keesokan harinya, saya cek semua anakan ternyata mati mengenaskan.

Ini adalah kasus yang pernah saya alami dalam beternak kenari. Padahal pada periode sebelumnya anakan kenari sehat semua sampai dewasa indukan mau meloloh dengan baik. Untuk penetasan periode kedua ini memang saya heran, kenapa kenari betina tidak mau meloloh dengan baik. Padahal ekstra makanan terus saya berikan pada pagi dan malam hari.

Akhirnya saya mencari info kepada para master kenari. Dari hasil pembicaraan dapat saya simpulkan bahwa sebab kenari tidak mau meloloh adalah diantaranya sebagai berikut :
  1. Tempat anakan kenari yang tidak bersih. Bisa disebabkan karena banyaknya kotoran. Hal ini bisa menyebabkan bau tidak sedap dan penyakit bagi anakan dan induk kenari.
  2. Indukan kenari yang stres karena kondisi kesehatan burung yang tidak sehat.
  3. Pakan kenari yang tidak cocok.

Dari sini akhirnya saya sedikit mengerti bahwa untuk menjaga kebersihan tempat anakan kenari sangatlah penting. Apalagi jika anakan kenari terlalu banyak. Harus butuh kebersihan ekstra. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan anakan dan indukan kenari agar selalu sehat dan tidak terkena penyakit. Hal ini ternyata berakibat pada induk kenari yang tidak mau meloloh. Pakan kenari juga perlu diperhatikan, buanglah pakan yang sudah basi dan segera ganti dengan yang baru. Jangan lupa untuk selalu memberikan varian makanan dan buah agar kenari tidak menjadi bosan.

Nah, dari pengalaman tadi, saya menjadi lebih waspada. Tentunya ini menjadi pengalaman yang berharga agar tidak terulang untuk periode berikutnya. Bagaimana dengan anda? Jika ada tips lainnya mengenai Sebab kenari tidak mau meloloh, bisa kita share bersama disini. Silahkan tinggalkan komentar.

9 comments:

  1. kalau tidak mau meloloh akibat induknya stres dan tidak sehat bisa jadi akan mempengaruhi terhadap kesehatan anak kenarinya juga
    terima kasih infonya, menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  2. Kasus sama sprti q...... baru bljr ternak kenari, bisa menetas 4 tp bbrp hari anaknya mati satu.hari brktnya mati lagi sampe habis..
    Mksh infonya.. smoga sukses

    ReplyDelete
  3. Hey bro / sis, yuk ikutan JuraganFollowers.com SEO Kontes. Pendaftaran sampai tanggal 31 januari. Berhadiah uang tunai.

    klik www.juraganfollowers.com/2012/12/seo-kontes.html

    ReplyDelete
  4. ternyata memelihara dan merawat burung kenari memang tidak gampang ya ,, kalau manusia mungkin dalam kondisi apapun pasti akan dipaksakan demi menghidupi anaknya. Tapi kalau burung knari kok bisa ya karena sebab seperti beberapa hal diatas dia tidak mau meloloh anaknya. Padahal kan demi kehidupan anaknya seharusnya kenari mau meloloh walau dalam keadaan bagaimanapun. hehe

    ReplyDelete
  5. Saya salah satu pencinta KENARI lho bang..hahahyyyy

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah kenari bertelur 5 &smua menetas,dah lima hari ini masih hidup smua...
    padahal ini baru pertama kali sy memelihara burung&krn sering liat jd jatuh cinta ma kenari&mencoba beternak kenari.
    mungkin secara tdk sengaja mendapat indukan yg bagus,jd bisa bertelur+memelihara anakkan dg baik.

    ReplyDelete
  7. memang kenari indukan berbeda sifatnya, kalo dpt yg bagus melolohnya beruntung kita. namunkalo dpt yg protektif, ya was-was juga.

    ReplyDelete
  8. Saya mau tanya? Indukan betina saya ngeram 4 telur trus berhasil netas 1, tapi gag lama ak liat anakannya mati, begitu terus sampai telur dan anakan ke 4,Solusinya gimana ya? apa karena pada waktu ngeram pejantannya aku pisahin ma betina yang ngeram? tolong di bantu Mastah.. :)

    ReplyDelete
  9. ms Irfan, sifat indukan betina memang beda-beda. ada kalanya yg seperti itu. Menurut hemat saya, menjauhkan si pejantan bukan masalah. Tapi bisa dicoba, jangan pisahkan. siapa tahu pejantannya mau melolohnya. Jika kondisinya sama saja, Solusinya anda harus ambil anakan tsb dari induknya dan belajar meloloh sendiri anakan kenari.

    ReplyDelete

kembali ke atas