Home » » Langkah Optimasi SEO

Langkah Optimasi SEO

Membuat blog sangatlah mudah, setiap orang pasti bisa. Namun satu hal yang masih menjadi kendala adalah Langkah Optimasi SEO blog tersebut. Tidak mudah untuk bisa mengoptimasi SEO blog agar cepat terindeks di mesin pencari. Blog ini adalah blog baru saya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang telah saya lakukan untuk mengoptimasi SEO blog ini agar cepat terindeks :

  • Menentukan topik utama blog. Konten apa yang nantinya akan mendominasi isi blogspot? Langkah ini mempengaruhi untuk menetapkan nama domain, judul dan deskripsi blog. Lebih spesifik lebih bagus. misalkan  konten tentang blogging, anda bisa memilih domain “blogostrong.blogspot.com” dengan Judul Blog “Blogostrong” dan diskripsi blog “Strong Blogging and Making Money Online
  • Template Blog. Pilih tampilan blog yang ringan, jangan memasang widget, gambar, video terlalu banyak. Anda bisa mengecek kecepatan blog anda di https://developers.google.com/pagespeed/. Usahakan nilai di atas 80. Langkah ini memudahkan google merayapi blog tanpa gangguan sehingga cepat terindeks.
  • Menggunakan Google Analytic. Manfaatkan juga fasilitas Google Analytic untuk memantau perkembangan blog dan Google webmaster tools untuk melihat, mendiagnosa kinerja, kesehatan dan konfigurasi blog, serta data pengindeksan dan pemeringkatan dari Google.
  • Optimasi Keyword pada Domain, Judul dan Deskripsi Blog. Seperti yang dijelaskan pada nomer 1, topik utama berpengaruh besar pada SEO. Meski kadang sulit untuk mengaitkan keyword ke dalam 3 bagian itu, usahakan minimal 2 bagian. Jangan sampai ketiga-tiganya tidak mengandung keyword yang ditargetkan.
  • Membuat One Way Link. Setelah blog beserta isinya selesai dibuat, untuk mendukung keberadaan blog adalah membuat dan mencari backlink satu arah. Artinya, ada blog atau situs lain yang memberikan atau membuat link ke arah blog kita, bukan tukar-menukar link. Mungkin akan sulit jika kita meminta backlink kepada blog-blog ternama dengan pertimbangan tertentu. Salah satu cara yang mudah adalah dengan membuat komentar di blog dofollow dengan menaruh link URL blog kita, mendaftar ke forum dan social bookmark yang ada profil dengan URL blog kita, atau membuat dummy blog yaitu membuat blog lagi sebanyak mungkin dengan memberi link ke arah blog utama kita. Cari dan buat link searah (One way link) sebanyak-banyaknya. Langkah ini bertujuan untuk membuat “pengakuan” dukungan dan keberadaan blog kita.
  • Submit ke Social Bookmarking dan Search Engine. Salah satu usaha mempercepat blog supaya dikenal dan dikunjungi banyak orang yaitu dengan mengirimkan URL artikel ke banyak social bookmark, baik di situs social bookmark dalam negeri maupun luar. Situs social bookmark biasanya menerima link url artikel kita dengan sedikit deskripsi, seperti kombes.com, lintasberita.com, dll. Kalau punya akun jejaring sosial seperti facebook atau twitter, memasukkan tautan artikel bisa juga dilakukkan. Rekomendasi: cobalah daftar ke vivanews.com dan submit blog anda.
  • Search engine bukan hanya google, masih ada yahoo, bing, ask, alvista dll. Gunakan kesempatan ini untuk lebih mengenalkan blog di internet, siapa tahu ada pengunjung yang datang dari mesin pencari selain google. Submit URL blog Anda ke banyak search engine.
Saya kira langkah-langkah Optimasi SEO diatas sudah cukup sebagai dasar bagi blogger pemula dan blog yang baru dibuat. Untuk cara yang lain sebenarnya masih banyak, diantaranya adalah dengan SEO Onpage, SEO OffPage, pengeditan kode html dan lain sebagainya. Mungkin lain waktu akan saya bahas. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. one way link itu yang paling susah :), satu lagi masalah duplikat content juga iya...btw trims bro

    ReplyDelete
  2. Beberapa hal diatas dah aku lakukan tapi ada juga yang belum ni seperti submit di sosial bookmarking
    sekali lagi terima kaish infonya :)

    ReplyDelete
  3. yang pernting mah kontennya gan
    ane pernah banyak copas jadi di deindex deh :(
    thanx infonya :D

    ReplyDelete
  4. Mantaf baget artikelnya dan saya sudah coba mencek kecepatan blog saya ternyata nilanya 93

    ReplyDelete

kembali ke atas